Kamis, 16 Mei 2019

4 Cara Supaya Kamu Enggak Mager Waktu Puasa

| Kamis, 16 Mei 2019
Kamis, 16 Mei 2019 19:18:10

4 Cara Supaya Kamu Enggak Mager Waktu Puasa

Iya, ngerti kok. Menahan lapar dan haus seharian itu benar-benar bikin badanmu lemas. Rasanya ingin seharian tidur-tiduran saja di tempat tidur, sambil binge-watching serial Netflix, atau iseng stalk feed Instagram artis.

Eits, tapi sayang sekali dong, jika waktu berhargamu selama Ramadhan ini kamu pakai untuk malas-malasan :D

Nih 4 cara supaya kamu bisa tetap produktif, meski sedang menjalankan ibadah puasa.
Makan Sahur dan Berbuka

Kalau di hari biasa, kita sarapan sebelum berangkat kerja sekitar pukul 6-8, maka saat bulan puasa rutinitas tersebut diganti dengan makan sahur sebelum Subuh. Upayakan konsumsi makanan yang dapat memberikan energi yang cukup untuk tubuh beraktivitas selama sehari. Seperti gandum dan buah-buahan. Jangan lupa untuk menyegerakan berbuka puasa karena hal tersebut baik untuk menjada metabolisme tubuh kita.

Buat To-Do-List

Selanjutnya buat to-do-list. Yaitu, agenda kerjaan atau tugas apa aja yang akan kamu selesaikan dalam sehari, lengkap dengan rincian waktunya. Cara ini efektif untuk membantu produktifitas dan meningkatkan fokus kita.

Maksimalkan Waktu Produktif

Setiap kita punya "jam baik’ masing-masing, yaitu waktu dimana produktivitas kerja kita berada di puncaknya. Ketahui ‘jam baik’-mu dan maksimalkan waktu tersebut untuk menyelesaikan tugas-tugasmu selama bulan puasa.

Istirahat Sejenak

Menjelang siang hari saat berpuasa, biasanya stamina kita mulai menurun. Usahakan untuk istirahat sejenak dan manfaatkan waktu untuk tidur siang sebentar (the power of nap) antara 20-30 menit, karena kegiatan tersebut efektif untuk mengembalikan staminamu.

Dan juga cobalah untuk beristirahat sejenak saat mengerjakan tugas, misalnya dalam rentang 30 menit, 25 menit kamu pakai untuk fokus bekerja dan 5 menit selanjutnya untuk beristirahat sejenak.

Bulan Ramadhan adalah bulan dibukanya pintu ampunan dan rahmat. Bulan di mana pahala akan amalan baik kita dilipatgandakan oleh Sang Khalik. Yuk, manfaatkan saat-saat berharga ini dengan maksimal. Meski lapar, semangat tetap harus cetar!

*Sumber: kumparan.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar