Selasa, 17 September 2019

Tak Mau Beri Anak Susu Formula? Tapi Jangan Lakukan 3 Hal Ini, Moms!

| Selasa, 17 September 2019
Selasa, 17 September 2019 17:24:10

Tak Mau Beri Anak Susu Formula? Tapi Jangan Lakukan 3 Hal Ini, Moms!

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, dan tidak ada susu formula di dunia ini yang bisa menandingi nutrisi ASI. Tidak hanya bergizi tinggi, ASI juga merupakan makanan yang paling cocok bagi pencernaan bayi yang belum sempurna dan mengandung g.

Bertekad memberikan si kecil ASI dan hanya ASI hingga usianya 6 bulan? Bagus tuh, Moms! Ingin melanjutkan menyusui hingga anak berusia 2 tahun? Lebih bagus lagi! Keputusan dan usaha Anda tentu akan membawa banyak kebaikan bagi si kecil maupun diri Anda sendiri.

Tapi meski begitu, pastikanlah Anda tidak melakukan 4 hal ini:

1. Sangat fanatik terhadap ASI

Sikap terlalu fanatik berisiko membuat kita terlalu mudah menghakimi orang lain. Misalnya orang tua lain yang memberi anaknya susu formula. Padahal bisa saja, mereka bukannya tidak tahu kebaikan ASI namun terpaksa memberikan susu formula karena ada indikasi medis tertentu yang dimiliki ibu maupun si kecil.

Karena itu, hindari pula menyalahkan dan menghujani dengan kuliah kilat tentang pentingnya menyusui, meski Anda merasa dekat dengan mereka. Fanatisme is a BIG no-no, Moms! Ini hanya akan membuat teman atau saudara Anda merasa tidak dipahami, diserang, memandang Anda sok tau dan bisa jadi bersikap antipati.

2. Melakukan Mom Shaming

Mom Shaming? Maksudnya, merendahkan sesama ibu yang memiliki pilihan pengasuhan berbeda dari kita. Misalnya komentar-komentar seperti: "Ih, kok dikasih susu formula? Nanti anaknya obesitas, lho!" atau "Kok, enggak dikasih ASI? Kasihan bayinya, ibunya tidak mau menyusui."

Maksud Anda mungkin baik, tapi menurut Psikolog Keluarga, Monica Sulistiawati, perilaku mom shaming seperti ini dapat dikategorikan bullying, lho! Tentu tak menyenangkan kan, bila ini terjadi pada diri kita?

3. Membanding-bandingkan Anak

Setiap anak unik dan sebaiknya tidak dibanding-bandingkan. Misalnya membanding-bandingkan anak kita yang sudah bisa bicara dengan anak teman yang belum bisa meski umurnya sama. Apalagi kalau Anda lantas mengaitkannya dengan pemberian ASI atau susu formula.

Orang tua memang perlu memerhatikan setiap tahap tumbuh kembang anak dengan seksama. Tapi membandingkan anak (meski dengan saudaranya sendiri) tetap bukan hal yang bijak. Jadi, jangan deh, Moms!

*Sumber: kumparan.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar