Jumat, 28 Februari 2020

Anak Balita Tidak Mau Tidur Siang, Orang Tua Harus Bagaimana?

| Jumat, 28 Februari 2020
Jum'at, 28 Februari 2020 18:21:50

Anak Balita Tidak Mau Tidur Siang, Orang Tua Harus Bagaimana?

Di usia yang sedang aktif-aktifnya, anak balita biasanya susah bila diajak tidur siang. Ya Moms, siang hari yang biasanya digunakan si kecil untuk beristirahat, kini ia habiskan dengan bermain.

Sebagai orang tua, Anda mungkin cemas bila balita tidak mau tidur siang. Anda khawatir si kecil kelelahan, sehingga jadi rentan terkena penyakit.

Moms, tidur yang cukup memang punya banyak manfaat untuk anak. Misalnya saja, bisa membuat tubuh anak lebih tinggi, membuat si kecil jadi lebih fokus dan menyehatkan jantungnya. Sementara itu, studi terbaru dari University of Pennsylvania dan University of California, Irvine (UCI), menyebut kebiasaan tidur siang dapat meningkatkan suasana hati anak, menambah energi, dan performa akademiknya di sekolah.

Lantas, kalau balita tidak mau tidur siang, perlukah orang tua khawatir?

Menurut praktisi kesehatan, dr. Muliaman Mansyur, orang tua tak perlu cemas bila balita tidak mau tidur siang. Selama ia cukup tidur di malam hari, ternyata tidak ada yang perlu Anda khawatirkan, Moms.

"Pada saat tidur growth hormon itu bekerja, penting sekali untuk pertumbuhannya. Yang terpenting (bila balita tidak mau tidur siang), tidur malamnya harus cukup," jelas dr. Muliaman di acara kumparanMOM Playdate with Morinaga beberapa waktu lalu.

Senada dengan dr. Muliaman, Psikolog Anak dan Keluarga, Irma Gustiana, juga memberikan pendapat serupa. Menurut psikolog yang praktik di Ruang Tumbuh tersebut, memasuki usia 3 tahun, anak balita mungkin saja jadi susah diajak tidur siang dan hal itu wajar terjadi, Moms.

Meski tidak mau tidur siang, Anda bisa mengajak balita bermain dalam kondisi yang rileks. Sehingga si kecil tetap bisa beristirahat walau tidak memejamkan mata.

"Kalau umur 3 tahun enggak mau tidur siang enggak apa-apa, selama kebutuhan tidurnya 8-10 jam terpenuhi. Yang penting harus istirahat, misalnya leyeh-leyeh sambil ibu mendongeng atau sambil pijat-pijat. Itu gapapa," ujar Psikolog dari Ruang Tumbuh itu, saat ditemui di acara yang sama.

Jadi, jelas sudah, Moms. Tak perlu cemas lagi bila balita tidak mau tidur siang, selama istirahat malamnya cukup.

Oleh karena itu, pastikan saja anak Anda punya kualitas tidur yang baik di malam hari. Dengan tidur yang cukup, sel otak yang terlibat dalam pembelajaran dapat diaktifkan kembali, Moms.

*Sumber: kumparan.com


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar