Kamis, 02 April 2020

Riset: Daya Tahan Tubuh Bisa Lawan Virus Corona

| Kamis, 02 April 2020
Kamis, 02 April 2020 18:15:36

Riset: Daya Tahan Tubuh Bisa Lawan Virus Corona

Virus corona yang merebak membuat masyarakat dunia panik, termasuk di Indonesia. Tak mengherankan karena virus tersebut dapat menular dengan cepat hingga dapat menelan korban jiwa.

Namun, bukan berarti pandemi ini tidak menemui titik terang. Menurut data dari Tiongkok, dilansir dari laman CNN Health, mayoritas pasien yang terkena corona menderita gejala ringan, dan ada harapan untuk sembuh.

Dari data 44.672 pasien corona yang dihimpun di Tiongkok, 80,9 persen mengalami gejala ringan, 13,8 persen mengalami gejala parah, serta 4,7 persen berada dalam kondisi kritis. Kini, sudah ada setidaknya 70 ribu orang yang sembuh, dan negara tersebut telah mulai melewati masa kritis dari pandemi Virus Corona ini.

Bagaimana para pasien tersebut bisa sembuh? Tubuh sehat, dengan daya tahan tubuh yang baik, bisa terhindar dari dampak terburuk corona bahkan memiliki harapan untuk sembuh.
.
Para ilmuwan dari Australia telah melakukan penelitian yang diterbitkan dalam Nature Medicine journal, seperti dilansir dari laman BBC. Menurut penelitian tersebut, sistem imun dapat melawan virus corona dengan sukses. Penelitian tersebut dilakukan terhadap pasien dengan gejala ringan-sedang dan tidak memiliki masalah kesehatan sebelumnya.

Seorang wanita berumur 47 tahun dari Wuhan yang sembuh menjadi salah satu pasien dalam penelitian tersebut. Tiga hari sebelum kondisi pasien membaik, terdapat sel-sel spesifik di aliran darah yang dianggap sebagai sel imun.

Karena itu, selain melakukan tindakan pencegahan, penting menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh senantiasa kuat. Berbagai cara bisa dilakukan, salah satunya dengan berolahraga. Tinggal #DiRumahAja karena work from home atau sekolah/kampus yang libur bukan alasan untuk tidak berolahraga. Anda bisa melakukan olahraga #DiRumahAja seperti yoga, lompat tali, hingga push up.

Pola makan juga harus diperhatikan. Makan tidak cukup dan tak teratur dapat membuat imunitas tubuh menurun. Makanlah sesuai porsi yang dianjurkan, serta konsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh seperti brokoli, kacang almond, yogurt, bawang putih, jahe, hingga bayam. Selain itu, istirahatlah yang cukup dan kurangi stres.

*Sumber: kumparan.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar