Selasa, 23 Juni 2020

9 Jenis Makanan yang Bisa Memicu Asam Lambung

| Selasa, 23 Juni 2020
Selasa, 23 Juni 2020 17:28:20

9 Jenis Makanan yang Bisa Memicu Asam Lambung

Naiknya asam lambung kerap menyiksa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Naiknya asam lambung dapat menimbulkan sensasi terbakar di dada, nyeri ulu hati, mual dan rasa asam di mulut.

Penyakit asam lambung umumnya dialami oleh ibu hamil, pengidap obesitas atau seseorang yang telat makan. Namun, naiknya asam lambung juga bisa dipicu oleh makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya, hindari jenis-jenis makanan berikut kalau tidak ingin asam lambung kamu naik.

Jenis Makanan yang Memicu Asam Lambung
Melansir dari Healthline, berikut jenis-jenis makanan yang memicu naiknya asam lambung, yaitu:

Makanan Berlemak Tinggi
Makanan berlemak tinggi umumnya menggugah selera dan mengenyangkan. Sayangnya, makanan yang terlalu berlemak mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, yakni otot yang bertindak sebagai penghalang antara esofagus dan lambung. Ketika otot ini kendur atau rileks, maka asam lambung dapat keluar dari lambung dan naik kerongkongan, sehingga memicu mulas.

Makanan tinggi lemak dinilai juga mampu merangsang pelepasan hormon cholecystokinin. Hormon ini mampu mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah dan menyebabkan refluks asam. Kalau kamu ingin makan makanan yang berlemak, jangan lupa untuk mengatur porsinya agar tidak memicu refluks asam.

Mint

Menurut sebagian besar orang, permen mint mampu menenangkan kondisi pencernaan. Namun, ada beberapa bukti bahwa permen ini dapat menyebabkan mulas. Studi yang telah diterbitkan dalam National Health Medicine menemukan bahwa spearmint dosis tinggi berkaitan dengan gejala asam lambung. Jadi, sebaiknya kamu berhati-hati jika ingin mengonsumsi permen mint saat perut kosong.

Jus Jeruk

Jus jeruk sering menjadi minuman pilihan untuk menyegarkan dahaga. Rasa asam dan manis yang bercampur dengan dinginnya es menjadi minuman yang cocok dikonsumsi saat cuaca sedang terik-teriknya. Sayangnya, jumlah asam dalam jus jeruk mampu memicu refluks asam dan menimbulkan mulas.

Cokelat

Cokelat dikenal mampu memperbaiki suasana hati. Rasanya yang manis dan sedikit pahit memang ampuh untuk mengubah suasana hati menjadi lebih baik. Namun, efek cokelat pada asam lambung mirip seperti makanan berlemak tinggi. Cokelat mampu melemaskan otot sfingter esofagus bagian bawah, sehingga memungkinkan asam lambung keluar ke kerongkongan dan menyebabkan mulas.

Makanan Pedas

Sudah banyak yang tahu kalau makanan pedas memang dapat memicu naiknya asam lambung. Senyawa capsaicin dalam cabai mampu memperlambat laju pencernaan. Artinya, makanan akan tinggal di perut dalam waktu yang lebih lama, sehingga mampu memicu mulas. Selain itu, makanan pedas juga mengiritasi kerongkongan yang sudah meradang, sehingga dapat memperburuk gejala mulas.


Garam

Tidak lengkap rasanya jika sebuah masakan tidak dibumbui dengan garam. Namun, konsumsi garam dinilai mampu memicu naiknya asam lambung. Mungkin ini disebabkan karena rata-rata orang yang mengonsumsi makanan asin juga cenderung makan makanan yang digoreng dan berlemak.

Bawang

Bawang sering dijadikan bumbu dasar sebuah masakan. Namun, bawang ternyata dapat melemaskan otot sfingter esofagus bagian bawah, sehingga menyebabkan refluks asam dan gejala mulas.

Alkohol

Alkohol dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah yang memungkinkan asam lambung keluar ke kerongkongan dan memicu mulas. Selain itu, minuman beralkohol, terutama anggur dan bir, meningkatkan jumlah asam lambung yang otomatis meningkatkan risiko mulas. Asupan alkohol yang berlebihan juga dapat merusak lapisan kerongkongan. Seiring waktu, kondisi ini dapat membuat kerongkongan lebih sensitif terhadap asam lambung.

Kopi

Kopi umumnya mengandung senyawa kafein. Senyawa yang satu ini telah terbukti merilekskan sfingter esofagus bagian bawah yang dapat meningkatkan risiko refluks asam dan mulas. Apabila kamu salah satu penggemar kopi, sebaiknya hindari mengonsumsinya berlebihan untuk mencegah naiknya asam lambung.


Itulah jenis makanan yang dinilai memicu naiknya asam lambung. Asam lambung umumnya mudah diobati dengan obat antasida. Kalau kamu membutuhkannya, kamu bisa membelinya lewat aplikasi Halodoc. Tidak usah repot keluar rumah, tinggal pesan melalui Halodoc lalu obat akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Sumber: https://www.halodoc.com/
jenis-makanan-yang-bisa-memicu-asam-lambung

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar