Jumat, 20 Agustus 2021

Pernah Alami Masalah Perut saat Merasa Cemas atau Khawatir?

| Jumat, 20 Agustus 2021

Jum'at, 20 Augustus 2021 17:47:01

Pernah Alami Masalah Perut saat Merasa Cemas atau Khawatir?

 

 

 

 

 

 

 

Pernahkah Anda merasa mulas atau masalah perut lainnya saat merasa cemas atau khawatir? Kondisi ini memang sangat mungkin terjadi di mana rasa cemas atau khawatir bisa berpengaruh pada sistem pencernaan.

Melansir dari Healthshots, stres dan kecemasan dapat membuat Anda memiliki masalah di perut. Kondisi ini juga bisa memicu masalah pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS) jika terjadi secara terus menerus.

Dalam hal ini, para peneliti sebelumnya memang telah mengidentifikasi hubungan yang kuat antara usus dan otak. Hal ini yang kemudian menghubungkan kecemasan dengan masalah perut begitu juga sebaliknya.

Masalah ini terjadi karena usus Anda penuh dengan saraf seperti otak. Dan otak berbagi banyak koneksi saraf ini dengan usus.

Jadi kapanpun Anda khawatir maupun stres, maka akan berdampak pada sistem pencernaan Anda dengan menurunkan produksi antibodi dan memengaruhi flora usus secara negatif.

Setelah Anda menderita salah satu dari kondisi baik masalah perut maupun kecemasan, maka kondisi itu sendiri dapat menjadi sumber kecemasan atau stres yang dapat memengaruhi kualitas hidup Anda.

Jadi, penting untuk mengambil tindakan untuk mengendalikan diri selama situasi stres dan menemukan cara untuk membuat diri Anda tetap tenang.

Jika Anda mengalami sakit perut yang parah disertai muntah saat Anda cemas, Anda harus berbicara dengan dokter Anda. Sementara jika stres sangat mengganggu, Anda juga perlu untuk segera konsultasi soal masalah kesehatan mental Anda.

*Sumber: suara.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar