Selasa, 26 Oktober 2021

Tanaman Obat, Ini 7 Manfaat Daun Ketumbar

| Selasa, 26 Oktober 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 07:50:01

Tanaman Obat, Ini 7 Manfaat Daun Ketumbar

 

 

 

 

 

 

 

Daun ketumbar sering dijadikan sebagai campuran dalam sayur sop dan berbagai masakan India. Tapi, daun ketumbar tidak hanya menjadi pelengkap atau bumbu, melainkan juga menawarkan manfaat kesehatan.

Pohon ketumbar kerap digolongkan ke dalam tanaman obat lantaran khasiat yang dimilikinya untuk kesehatan. Salah satunya adalah bagian daun. Biasa disebut sebagai Dhaniya, daun ketumbar memiliki kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, magnesium, kalium, natrium, serta vitamin A, B, C dan K yang baik untuk kesehatan.

Berikut tujuh manfaat daun ketumbar, seperti yang dilansir dari Healthshots.

1. Membantu mengontrol gula darah

Jika Anda berisiko terkena diabetes, daun ketumbar bisa menjadi cara untuk mengontrol kadar gula darah. Diungkap oleh Ahli Nutrisi dari Rumah Sakit Apollo, Nehru Enclave New Delhi, dr. Divya Dhawan, “Berbagai penelitian telah mengkonfirmasi bahwa daun ketumbar mengandung enzim aktif yang dapat membantu mengelola kadar glukosa dalam darah."

2. Melancarkan proses pencernaan

Daun ketumbar kaya akan serat dan antioksidan, sehingga bermanfaat dalam meningkatkan pencernaan, metabolisme, dan membantu mengatasi kembung dan sembelit.

3. Membantu mengelola stres

Daun ini tidak hanya menawarkan manfaat untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga baik untuk mengelola stres Anda. Dikatakan dr. Divya, daun ketumbar dapat meningkatkan mood serta menjaga sistem pencernaan tetap bersih, sehat, dan mengurangi stres oksidatif.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Daun ketumbar, menurut dr. Divya, dianggap sebagai diuretik yang dapat mengeluarkan natrium ekstra dari dalam tubuh untuk menurunkan tekanan darah.

Selain itu, daun yang kaya antioksidan dan serat ini, mampu mengurangi risiko penyakit jantung, serta menjaga kadar kolesterol Anda.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun ketumbar merupakan sumber antioksidan seperti terpinene, quercetin, dan tokoferol yang dapat melawan kerusakan sel dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Menurut penelitian, antioksidan ini dapat mengurangi peradangan, serta memiliki efek anti kanker dan neuroprotektif.

6. Baik untuk kesehatan mata

Tidak hanya wortel yang disebut dapat meningkatkan kesehatan mata, daun ketumbar juga punya manfaat yang sama. Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan karotenoidnya dapat menjaga penglihatan dan mencegah Anda dari gangguan penglihatan degeneratif.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Dr. Divya mengatakan bahwa daun ketumbar memiliki nutrisi penting untuk tulang, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium yang dapat meningkatkan kepadatan tulang serta melindungi Anda dari nyeri sendi.

“Jadi jika Anda menginginkan tulang yang kuat, daun ketumbar bisa menjadi pilihan yang baik,” saran dr. Divya.

*Sumber: suara.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar