Selasa, 25 Oktober 2022

Pahami Tanda dan Gejala Kekerasan pada Anak

| Selasa, 25 Oktober 2022

Selasa, 25 Oktober 2022

Pahami Tanda dan Gejala Kekerasan pada Anak

 

 

 

 

 

 

 

Kekerasan pada anak tidak hanya berbentuk kekerasan fisik saja, namun ada juga kekerasan seksual dan kekerasan psikis atau emosional.

Mengetahui apa yang dialami dan dirasakan oleh anak bisa kamu kenali dengan cara memahami tanda dan gejala yang diperlihatkan anak. Dengan mengetahui lebih dini, setiap orangtua bisa dengan mudah mencegah dan mengatasinya.

Melansir dari Instagram @taulebih.id pada Jumat (14/10/2022) berikut tanda dan gejala kekerasan pada anak:

1. Tanda dan Gejala Kekerasan Fisik

Cedera yang tidak dapat dijelaskan seperti memar, luka bakar, luka sayatan, patah tulang, cedera abdomen atau kepala serta, cedera yang tidak sesuai dengan penjelasan anak.

Memar yang baru biasanya berwarna biru atau merah keunguan,sedangkan memar yang sudah lama berwarna kuning hijau, atau coklat.

2. Tanda dan Gejala Kekerasan Seksual

Ketakutan yang berlebihan dan gangguan saat tidur seperti mimpi buruk. Rasa nyeri di perut, mengompol dan BAB tidak pada tempatnya. Nyeri, gatal, luka, kemerahan pada genitalia.

Selain itu, perilaku atau pengetahuan seksual yang tidak sesuai dengan usia anak, kehamilan atau penyakit menular seksual, dan prestasi anak menurun.

3. Tanda dan Gejala Kekerasan Psikis atau Emosional

Perubahan kepercayaan diri yang tiba-tiba, perkembangan emosional yang tertunda atau tidak tepat, ketakutan yang berlebihan, mimpi buruk dan depresi.

Tanda lainnya adalah menarik diri dari lingkungan dan menghindari situasi tertentu, seperti menolak pergi ke Sekolah. Hilangnya keterampilan perkembangan yang diperoleh sebelumnya.

*Sumber: suara.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar